Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]


Informasi mengenai pendaftaran ASN 2021 adalah apa yang ditunggu-tunggu oleh para calon pelamar. Menjadi ASN memang masih menjadi tujuan hidup dan pekerjaan yang ideal bagi banyak orang. Selain karena bisa mengabdi untuk negara, menjadi PNS atau ASN juga menjamin mereka mendapatkan masa tua dan pensiun yang baik. Adapun kebutuhan ASN di tahun 2021 ini sebanyak 1.275.384, termasuk kebutuhan untuk PPPK Guru dan non-Guru.


Tahun ini, pendaftaran CPNS 2021 sudah dibuka. Tentu menjadi angin segar bagi para pelamar yang sudah lama menunggu. Informasi mengenai pendaftaran CPNS 2021 dikutip dari dokumen bahan Paparan Plt. Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kemenpan RB Katmoko Ari. Dokumen tersebut dipaparkan langsung dalam Rapat Virtual Persiapan Pengadaan CASN Tahun 2021 di Pemerintah Daerah, tertanggal 06 Mei 2021 lalu. Ada pun, jadwal-jadwal penting mengenai pendaftaran CPNS 2021 adalah sebagai berikut.


1. Pengumuman Seleksi 30 Mei s.d. 13 Juni 2021

2. Pendaftaran Seleksi 31 Mei s.d. 21 Juni 2021

3. Seleksi Administrasi dan Pengumuman Hasilnya 1 Juni s.d. 30 Juni 2021

4. Masa sanggah 1 Juli s.d. 11 Juli 2021

5. Pelaksanaan SKD CPNS (CAT BKN) Juli s.d. September 2021

6. Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru (CAT BKN) Juli s.d. September 2021 (setelah SKD CPNS selesai di masing- masing lokasi)

7. Seleksi Kompetensi PPPK Guru (CBT Kemendikbud)

- Tes 1: Agustus 2021

- Tes 2: Oktober 2021

- Tes 3: Desember 2021

8. Pelaksanaan SKB CPNS September s.d. Oktober 2021

9. Pengumuman Akhir dan Masa Sanggah November 2021

10. Penetapan NIP CPNS/Nomor Induk PPPK Desember 2021


“Mekanisme seleksi PPPK Guru sebagaimana jadwal di atas, akan diatur kemudian yang akan dijelaskan dalam rapat koordinasi antara Pemerintah Daerah, Kementerian PANRB, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Badan Kepegawaian Negara,” tulis dokumen tersebut. “Jadwal tersebut dapat disesuaikan apabila terdapat perubahan kebijakan pemerintah terkait status Pandemi Covid-19, sehingga tidak memungkinkan melaksanakan kegiatan dimaksud."


Setelah mengetahui jadwal-jadwal penting pendaftaran CPNS 2021, mempersiapkan diri dengan baik adalah hal yang harus dilakukan oleh para peminat. Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan agar bisa mengikuti proses seleksi dengan baik?


APA PERBEDAAN CPNS DAN PPPK?


CPNS merupakan singkatan dari Calon Pegawai Negeri Sipil, adalah seseorang yang telah dinyatakan lolos seleksi CPNS namun perlu melalui beberapa tahapan proses sebelum ditetapkan sebagai PNS atau Pegawai Negeri Sipil. PNS merupakan bagian dari ASN atau Aparatur Sipil Negara dan tersebar di berbagai bidang pekerjaan dan kedinasan. Sementara itu PPPK adalah singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. (C)PNS dan PPPK sama-sama bekerja untuk pemerintah atau negara dan menduduki dua bidang baik struktural maupun fungsional.


Beberapa perbedaan antara PNS dan PPPK terlihat dari beberapa hal berikut.


(STATUS) PNS merupakan pegawai pemerintahan yang diangkat untuk satu periode hingga menuju pensiusn, sementara PPPK diangkat hanya untuk periode kontrak tertentu dan harus kembali memperbaharui kontraknya jika masa tersebut sudah habis.


(GAJI) Besaran gaji PNS dan PPPK tergantung pada golongan masing-masing, terkait ini sudah diatur dalam Peraturan Presiden No. 98 Tahun 2020. Kisaran dari gaji PNS dan PPPK antara Rp1.747.900 hingga Rp6.786.500.


(TUNJANGAN) PNS dan PPPK mendapatkan tunjangan yang sama besar di tempat di mana mereka mengabdi. Ada pun tunjangan yang dimaksud meliputi tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan struktural atau jabatan fungsional, dan tunjangan-tunjangan lainnya.


(DAN PENSIUN) Perbedaan yang paling mencolok dari PNS dan PPPk adalah dana pensiun. PNS memiliki hak untuk mendapatkan dana pensiun sementara itu PPPK tidak.


Berkas Apa Saja yang Harus Dipersiapkan untuk Seleksi Administrasi?


Pada dasarnya, dibutuhkan sekitar 7 dokumen untuk mengikuti seleksi administrasi CPNS 2021. Namun, jumlah ini bisa jadi berbeda tergantung dengan peraturan yang diberlakukan oleh instansi tertentu di mana pelamar mengirimkan lamaran. Ada pun dokumen-dokumen yang dimaksud adalah sebagai berikut.


1. Scan Pas Foto berlatar merah, tipe file jpeg/jpg; maks 200 kb

2. Scan Swafoto (Selfie), tipe file jpeg/jpg; maks 200 kb

3. Scan KTP maksimal 200 kb, tipe file jpeg/jpg

4. Scan Surat Lamaran, tipe file pdf; maks 300 kb

5. Scan Ijazah dan Serdik/STR, tipe file pdf; maks 800 kb

6. Scan Transkrip Nilai, tipe file pdf; maks 500 kb

7. Scan Dokumen Pendukung Lainnya, tipe file pdf, maks 800 kb


DI MANA SAYA BISA MEPELAJARI SOAL TES CPNS?

DOWNLOAD MODUL CPNS 2021 | LATIHAN SOAL CPNS DARING


*****

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]