May 30, 2021

Ayo Rancang Bersama Rencana Kuliah di Luar Negeri dengan 5 Langkah Ajaib Ini!


Salah satu euforia yang mendebarkan ketika menjadi siswa kelas XII sekolah menengah atas adalah membuat rencana berkuliah. Oleh karena itu, setiap promotor kampus-kampus ternama datang mengisi kelas Bimbingan Konseling, sepenuhnya kami senyap setengah pasrah. Bak anak pendidikan usia dini yang disuguhi dengan tayangan menarik—membalas sapaan promotor dengan penuh semangat lalu menyimak dalam taat.


Bagian yang sering saya garisbawahi adalah promosi dari agen-agen pendidikan tinggi luar negeri. Eksplanasi mereka tentang hidup dan menempuh pendidikan di luar batas negara terdengar seperti campuran kisah heroik dan romansa yang sepadan, lebih kuat dari rapal-rapal persuasif di ujung pertemuan. Sangat menggugah! Mulai dari jiran hingga jauh ke negara-negara di Amerika dan Eropa. Setiap kali sesi berlangsung, fantasi liar membekali batin dengan bibit-bibit kehendak, apakah saya perlu memaksakan diri untuk melanjutkan pendidikan Strata 1 di luar negeri.


Tuhan tampaknya ingin saya berpuas diri dengan mengenyam pendidikan di kampus lokal dengan konsekuensi beasiswa penuh. Tahun berganti tahun. Tidak lulus dengan mulus dari strata 1 membuat saya mengesampingkan keinginan dan tawaran-tawaran untuk melanjutkan ke magister. Ingin rasanya mengistirahatkan kepala dari segala bentuk proses kognitif yang melelahkan. Kendati genap satu semester kemudian saya dibebani tanggung jawab sebagai abdi negara. Tanggung jawab yang kini membasahi kembali bibit-bibit yang dulu saya kira sudah mati—keinginan untuk terus memperkaya diri.


APAKAH INI SAAT YANG TEPAT?

— berawal dari pertanyaan sederhana itu, kisah ini ditulis —



Menduduki posisi tiga besar dengan jumlah universitas atau perguruan tinggi terbanyak di dunia, Indonesia tentu patut berbangga. Genap ada 2894 kampus yang bisa dipilih oleh anak negeri untuk mengenyam pendidikan, berbeda kelipatan seribu dari Amerika Serikat di posisi kedua (3524 kampus) dan India (4281 kampus) di posisi pertama. Namun tampaknya menempuh pendidikan tinggi di luar negeri masih menjadi dambaan bagi beberapa kalangan pelajar yang tidak ingin terjebak di zona nyaman. Kendati sulit menemukan data yang pasti mengenai berapa banyak jumlah pelajar berkebangsaan Indonesia yang belajar di institusi pendidikan luar negeri, namun jumlahnya tentu dalam bilangan juta.



Kenapa menempuh pendidikan di luar negeri begitu menjadi dambaan? Hal paling kentara dari pulang kampung setelah menempuh pendidikan selama beberapa tahun di luar negeri mampu menjadikanmu 'lulusan kampus luar' yang tidak hanya memberikan kesan positif yang kuat terhadap prestise melainkan juga prestasi akademis. Menempuh pendidikan di luar negeri memang disinyalir mampu memberikan keuntungan yang tak serupa dengan belajar di perguruan tinggi dalam negeri.


Tidak hanya terkait karakteristik pendidikannya yang berbeda, melainkan juga budaya yang lebih menunjang, rekan yang global, serta kesempatan-kesempatan yang jauh lebih besar. Tidak heran, beberapa kalangan berusaha untuk mempertahankan budaya keluarga mereka sebagai lulusan universitas luar negeri, beberapa lainnya mati-matian untuk mendapatkan beasiswa demi berkuliah di luar negeri. Saya tampaknya akan masuk ke dalam kategori kedua.



7 - MAKE LIFELONG FRIENDS
Bertemu dengan banyak orang dari berbagai jenis latar belakang budaya dan etnis, membuatmu mampu melihat dunia lebih luas dari pada yang kamu baca di buku. Mereka juga orang-orang yang bisa memberikan pengaruh positif karena budaya akademisi yang kuat. Buatlah hubungan pertemanan yang awet!

8 - PERSONAL DEVELOPMENT
Mengembangkan diri menjadi manfaat yang paling penting dari belajar di luar negeri. Manfaatkanlah waktu tidak hanya untuk mengikuti pendidikan di dalam kelas, melainkan juga berbaur dan belajar secara langsung dari dunia sekitar tentang bagaimana masyarakat dunia berdinamika dalam berbagai bidang.

9 - GRADUATE SCHOOL ADMISSIONS
Label sebagai 'lulusan kampus luar negeri' mampu memberikan privilage yang tidak main-main terhadap penerimaanmu di dalam negeri, baik untuk mencari kerja apalagi untuk melanjutkan pendidikan di universitas dalam negeri. Terutama jika ditunjang dengan prestasi yang membanggakan.

10 - LIFE EXPERIENCE
Pengalaman hidup adalah sebenar-benarnya kekayaan. Manusia yang kaya akan pengalaman dalam hidupnya akan lebih bijak dalam menghadapi kehidupan.


Jika dibiarkan menjadi sekadar keinginan saja, maka kuliah di luar negeri hanya halusinasi semata. Ketika kamu bertekad untuk mewujudkannya, melakukan persiapan yang matang adalah langkah pertama yang harus diambil. Ayo kita rancang bersama rencana berkuliah di luar negeri. Mari kita mulai dari 5 langkah ajaib berikut ini!

TENTUKAN UNIVERSITAS DAN BIDANG STUDI YANG KAMU MINATI

Selalu mulakan dengan menetapkan bidang studi yang ingin kamu pelajari, lalu carilah universitas terbaik yang memilikinya. Semisal jika kamu tertarik dengan dunia bisnis, maka tidak ada salahnya mencari jurusan ekonomi dan bisnis atau yang serupa dengan hal tersebut, lalu carilah universitas dengan jurusan ekonomi dan bisnis terbaik. Dengan demikian, waktumu akan habis secara efektif. Kecuali jika kamu lebih dahulu jatuh cinta pada universitas tertentu dan memutuskan untuk mencoba apa pun bidang studi yang terdaftar. Namun, setiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda ketika memilih universitas atau bidang studi yang diinginkan, mulai dari sesuai minat bakat, bidang studi yang sepi peminat atau mudah lulus, hingga biaya yang tidak cukup menggigit. 


AYO RISET NEGARA TUJUAN STUDI!

Setelah mendapatkan universitas yang diinginkan, langkah ajaib selanjutnya adalah melakukan riset terhadap negara tujuan. Carilah sebanyak-banyaknya informasi baik dari internet, sumber bacaan, atau via berkomunikasi langsung dengan penduduk lokal. Majunya teknologi tidak membatasimu dari berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia. Riset tentang negara tujuan studi bisa memberimu pengetahuan untuk bertahan hidup dan bersosial.


BAGAIMANA DENGAN PENDANAAN?

Masalah pendanaan diselesaikan secara beragam oleh para pelajar. Sebagian mampu berkuliah di luar negeri karena sponsor langsung dari orang tua, beberapa harus memperjuangkan satu dua slot beasiswa yang sulit dengan begitu banyak saingan. Berkuliah dengan sumber dana beasiswa menjadi pilihan yang terbaik untuk berkuliah di luar negeri, karena hal tersebut bisa memunculkan rasa tanggung jawab untuk hidup dengan baik, menyelesaikan studi dengan optimal, dan selalu berupaya untuk menjalin prestasi. Jika kesulitan mendapatkan beasiswa, maka pilihan terakhir adalah dengan mengambil student loan, namun tentu ada aturan ketat yang harus kamu patuhi untuk mengambil pinjaman dana belajar.


BERKAS! BERKAS! BERESKAN BERKAS-BERKAS!

Langkah ajaib keempat adalah selalu stay update dengan perkembangan berita mengenai penerimaan. Patuhi seluruh aturan seleksi, lengkapi berkas-berkas untuk administrasi dari jauh hari agar kamu memiliki cukup banyak waktu untuk melakukan perbaikan jika menemukan kesalahan. Berkas-berkas untuk administrasi biasanya tidak terlepas dari berkas identitas, riwayat pendidikan, dan rekomendasi dari pihak tertentu. Selain berkas administrasi, persiapkan pula berkas-berkas untuk keberangkatan seperti tiket dan visa (atau laporan pemeriksaan kesehatan untuk masa pandemi), juga berkas-berkas untuk menetap di negara tujuan.



BAHASA INGGRIS, YA? HMMM!

Menguasai bahasa Inggris adalah kewajiban yang tidak bisa ditawar-tawar ketika berniat untuk berkuliah di luar negeri. Sebab, bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang menjadi jembatan antar bangsa. Oleh karena itu laporan hasil tes kemampuan berbahasa Inggris seperti TOEFL kerap menjadi salah satu persyaratan mutlak untuk seleksi. Jika tidak mampu berbahasa Inggris dengan baik, mengambil kursus bahasa Inggris adalah pilihan terbaik. Namun jika batas waktu seleksi cukup sempit, ambil saja kursus belajar bahasa Inggris khusus untuk menghadapi tes IELTS maupun TOEFL di ICAN English (bagian dari ICAN Education Consultant).


Alhamdulillah sudah membaca dan memahami lima langkah ajaib persiapan berkuliah di luar negeri, tapi kok ya saya sendiri masih kebingungan. Pada kenyataannya, teori hanya sebatas teori. Mencari universitas luar negeri yang cocok serta mendapatkan kesempatan untuk belajar di dalamnya adalah sesuatu yang terhitung cukup rumit. Mencari satu kursi di universitas atau perguruan tinggi dalam negeri saja harus mengorbankan banyak hal, apalagi memperebutkan kursi di universitas ternama yang menjadi tujuan belajar seluruh orang di dunia.

Kalau begini sih, membaca teori tidak akan ada apa-apanya alias nihil. Begitu juga dengan mempelajari hal yang sama dari buku-buku bestseller. Hal terbaik untuk menempuh seluruh proses panjang ini adalah dengan didampingi oleh orang yang memang berpengalaman. Sampai saatnya tiba—niat sudah penuh untuk berjuang menempuh pendidikan di luar negeri—sebagai awalan, ICAN Educatioan Consultant akan menjadi wadah konsultasi yang saya prioritaskan.

Bagaimana dengan kamu?


ICAN Education Consultant—dilansir dari laman situsnya—merupakan Agen Resmi Konsultasi Pendidikan Luar Negeri terbaik di Indonesia. Sederhananya menjadi semacam panduan dan tempat bertanya bagi pada pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri namun masih bingung karena banyak hal. Basis kantornya terletak di Jakarta dan Tangerang, tempat yang strategis untuk dijangkau oleh masyarakat menengah ke atas. Hingga kini, ada 10 kantor cabang yang beroperasi, berlokasi di Jakarta Utara, Jakarta Barat, Tangerang, Bekasi, Bintaro, Yogyakarta, Balikpapan, Samarinda, Batam, dan Tanjung Pinang. Sebaran kantor cabangnya memudahkan banget masyarakat dari berbagai penjuru untuk mendapatkan akses yang sama terhadap pelayanan dan fasilitas ICAN Education Consultant.

Layanan utama dari ICAN Education Consultant adalah konsultasi dan pendampingan secara menyeluruh terhadap tunas bangsa, terutama bagi mereka yang memiliki niat untuk berkuliah di luar negeri. Proses-proses yang didampingi adalah proses pendaftaran ke universitas di luar negeri, pengurusan akomodasi, pengurusan beasiswa, pengurusan visa pelajar untuk student dan keluarga, layanan penjemputan di bandara, pre departure briefing, dan masih banyak lagi!

LAYANAN KONSULTASI GRATIS
Fasilitas pertama yang sungguh sangat membantu adalah adanya layanan konsultasi gratis. Layanan ini bisa digunakan oleh siapa pun yang merasa bingung harus memulai dari mana ketika ia ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Mudah, tinggal hubungi saja ICAN Education Consultant lalu kamu akan dipertemukan dengan konselor profesional. Selain memilih jurusan dan universitas yang tepat sesuai dengan minat dan bakatmu, kamu juga bisa berkonsultasi mengenai beberapa hal lain yang terkait dengan pendidikanmu seperti mengalkulasikan biaya pendidikan, mengurus berkas pendaftaran, pengajuan visa, hingga layanan keberangkatan.


AGEN RESMI YANG TERPERCAYA
Dipilih oleh banyak pengguna jasa, sudah tentu menunjukkan jika ICAN Education Consultant adalah agen yang terpercaya. Tidak heran, agen ini melakukan feature dengan banyak media nasional yang kredibel seperti Media Indonesia, Tribun, Kompas, Lipuran6, Viva, Pikiran Rakyat, dan lainnya. Dengan demikian, ICAN sudah terbukti kredibilitasnya di dalam negeri. Bagaimana dengan kredibilitasnya di luar negeri? Untuk kemudahan akses dan jangkauan, ICAN bekerja sama dengan banyak perguruan tinggi luar negeri seperti MFH International Institute, Ashland University, Adroit College, Australian Institute of Music, Loncoln University, dan Western Kentucky University.


FASILITAS YANG OPTIMAL
Ketika kamu memutuskan untuk bekerja sama dengan ICAN Education Consultant baik untuk layanan konsultan maupun kursus bahasa Inggris, maka kamu akan mendapatkan fasilitas yang tidak main-main. Fasilitas kursusnya sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni daring dan secara tatap muka. Keduanya memiliki kemudahan akses dan langsung berada di bawah pengawasan trainer atau pengajar yang kredibel. Begitu juga ketika menggunakan layanan konsultasi. Kamu akan dihadapkan dengan konsultan yang kaya pengalaman, sabar, serta mampu memberikan arahan yang tepat untuk rencana masa depan pendidikan kamu.


*****



HEAD OFFICE
ICAN Education Consultant (Gading Serpong, Tangerang)
Ruko Boulevard Gading Serpong Blok AA3 No. 61 - 62, Gading Serpong, Tangerang.
(021) 2255 3706 · (021) 2255 3272
+62 817 5215 210
info@ican-education.com



BAGAIMANA, SUDAH MENDAPATKAN PENCRAHAN MAU KULIAH DI NEGARA APA?

***

2 comments:

  1. Duuuh kangen deh masa2 kuliah dulu dan persiapannya :D. Aku dan adikku memang dr awal lgs dikirim papa ke Malaysia utk lanjutin study. Alasannya waktu itu, Krn LBH Deket dari Medan, dan biaya diitung2 lebih m

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duuuh kangen deh masa2 kuliah dulu dan persiapannya :D. Aku dan adikku memang dr awal lgs dikirim papa ke Malaysia utk lanjutin study. Alasannya waktu itu, Krn LBH Deket dari Medan, dan biaya diitung2 lebih murah juga drpd aku kuliah di Jakarta. Dan jujurnya papa tipe yg takut ngelepasin anaknya ke JKT :D.

      Tapi di Malaysia kami ttp hrs ambil kelas bahasa Inggris dulu, Krn kampus yg kami pilih memang international campus dgn banyak international students. Dan semua makul diajarin dlm BHS Inggris. JD mau ga mau hrs ambil kls bahasa dulu.

      Seru sih, dan Krn ngerasain itu, aku kepengen anakku nanti juga kuliah di luar. Ntah Eropa ato ikutin jejakku di negeri Jiran :D . Yg mana aja, sesuai pilihan mereka

      Delete

Follow Us @soratemplates