Belajar Cerdas Berinvestasi Saham bersama Han Ji Pyong

 

Aktor Korea Selatan Kim Seon Ho tampaknya tidak hanya membuat ricuh dunia penggemar k-drama Indonesia, tetapi juga dunia investasi saham. Sukses dengan perannya sebagai Han Ji Pyeong pada drama START UP, kini Kim Seon Seo mengambil peran real sebagai mentor investasi pada PT Ajaib Sekuritas Asia. Betul, aktor yang juga dikenal dengan keikutsertaannya pada program hiburan 2N1D ini ditunjuk sebagai Brand Ambassador.


Munculnya Han Ji Pyeong aka Kim Seon Ho dalam dunia investasi saham, tidak lain untuk menggaet pasar millenial yang jumlahnya sangat besar dan luas di Indonesia. Sesungguhnya, investasi saham pun bukanlah bisnis yang main-main. Jika ditekuni dengan benar, berinvestasi bisa memberikan keuntungan yang besar kendati tentu dalam waktu yang tidak sebentar.


APA ITU SAHAM?

Ada beberapa ahli yang memberikan definisi terhadap saham. Semisal; Sapto Raharho mendefinisikan saham sebagai surat berharga yang berisi bukti kepemilikan ataupun penyertaan dari seorang atau instansi perusahaan. Lebih lanjut, Swadidji Widoatmodjo mengatakan bahwa saham adalah surat berharga yang diterbitkan oleh pemilik perusahaan perseroan terbatas atau emiten.

 

Mengenai dampaknya terhadap investor, Nofie Iman menjelaskan bahwa saham adalah surat berharga yang di dalamnya mampu memberikan peluang keuntungan yang tinggi namun memiliki risiko yang juga tinggi.

 

Dengan demikian, secara garis besar saham bisa diartikan sebagai surat berharga yang berisi bukti kepemilikan yang diterbitkan oleh pemilik perusahaan perseroan terbatas (emiten) dengan probabilitas yang sama besar dalam memberikan peluang keuntungan maupun risiko (high risk high return)

 

 

APA MANFAAT DARI SAHAM?

Dalam laman accurate.id, ada dua jenis sumber keuntungan yang bisa dikeruk dari aktivitas investasi saham, yakni Capital Gain dan Dividen.

 

APA ITU CAPITAL GAIN?

Keuntungan investasi saham dari Capital Gain tidak memiliki sangkut paut dengan laba dari perusahaan perseroan terbatas di mana kita membeli saham. Capital Gain mengacu pada naik turunnya harga saham yang kita beli. Dengan demikian, keuntungan investasi saham yang besumber dari Capital Gain berasal dari nilai jual saham.

 

Semisal pada awal tahun kita membeli saham dengan Rp100.000 pada sebuah perusahaan perseroan terbatas. Pada akhir tahun, nilai saham tersebut naik mencapai Rp150.000. Ketika kita menjual saham yang kita miliki pada pasar saham maka keuntungan senilai Rp50.000 yang didapat merupakan keuntungan yang berasal dari Capital Gain atau perkembangan nilai aset dan modal.

 

APA ITU DIVIDEN?

Berbeda dengan Capital Gain, sumber keuntungan Dividen berasal dari banyaknya laba yang diperoleh perusahaan perseroan terbatas di mana kita membeli sahamnya. Biasanya, keuntungan jenis ini didapat setelah masa satu tahun atau satu periode akuntansi. Namun, hanya sebagian dari laba yang dibagikan sebagai dividen kepada para investor. Hal ini pun bergantung pada keputusan perusahaan, apakah perusahaan merasa perlu membagikan dividen kepada para investor atau bahkan tidak sama sekali.

 

Dividen merupakan pendapatan pasif (pasif income) karena didasarkan pada keputusan perusahaan. Dengan demikian, memiliki saham dengan nilai yang cukup tinggi pada perusahaan perseroan terbatas tentu lebih dianjurkan dari pada saham dengan nilai yang kecil. Sebab, saham dengan nilai yang besar tentu akan memberikan keuntungan yang lebih besar.

 

BAGAIMANA CARA BERINVESTASI SAHAM?

Pada zaman sebelum aplikasi mobile galak, tata cara untuk menjadi investor sangatlah rumit. Namun pada masa kini, berinvestasi bisa dilakukan dengan hanya duduk di rumah. Tentu saja dengan menggunakan beberapa aplikasi sekuritas yang bisa membantu Anda membuat dan memenuhi persyaratan sebagai investor. Pada aplikasi tersebut juga disediakan data pasar modal serta dinamisme harga beli dan jual saham dari emiten yang diminati.

 


PT AJAIB SEKURITAS ASIA

Adalah salah satu perusahaan sekuritas daring di Indonesia. Perusahaan ini sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga bisa dipercaya jika Anda memutuskan untuk menjadi investor. Ada pun nomor izin yang diberikan adalah KEP-171/PM/1992. Sebelum menggandeng Kim Seon Ho sebagai Ambassador, Ajaib Sekuritas sudah malang melintang sejak tahun 1989, namun mulai berdiri sebagai Ajaib Group dengan menaungi Ajaib Sekuritas dan Ajaib Reksa Dana sejak tahun 2018.

 

STOCKBIT

Merupakan aplikasi trading online yang cukup memiliki banyak pengguna. Perusahaan ini berafiliasi dengan Sinarmas Sekuritas. Dengan demikian, Anda yang ingin menjadi investor di Stockbit dituntut harus menjadi nasabah dari Sinarmas. Aplikasi trading ini cocok digunakan oleh pemula karena memiliki banyak fitur yang memudahkan, sepeti fitur yang menyajikan data pasar modal secara real time serta fitur untuk berdiskusi dengan trader atau sesama investor.

 

RTI BUSINESS

Ialah aplikasi besutan PT. RTI Infokom, pemilik dari IDX Virtual Online Trading yakni fitur simulasi trading saham terbaik. Dengan fitur tersebut, pengguna terutama pemula bisa merasakan kehidupan dinamis trading yang terasa nyata sebagai bentuk latihan sebelum terjun secara langsung pada pasar modal yang sesungguhnya. Aplikasi ini pula ramah bagi para pengguna awam serta dilengkapi dengan fasilitas lain yang memungkinkan pengguna untuk mengembangkan investasinya dengan optimal.

 

Selain Ajaib Sekuritas, Stockbit, dan RTI Business, asih terdapat banyak aplikasi investasi yang dikembangkan oleh anak bangsa. Aplikasi-aplikasi tersebut baik berasal dari BUMN maupun swasta, bisa memberikan pengalaman berinvestasi dan peluang kepada para investor awam dan profesional untuk mengeruk keuntungan. Hanya saja, ada baiknya Anda berpikir lebih matang dan terjun dengan perencanaan yang baik ketika memutuskan untuk menjadi investor. Sebab investasi saham bersifat high risk high return di mana bisa menjadi buah simalakama.


Post a Comment

0 Comments