Cara Cerdas Atasi Hawa Panas di Rumah

by - July 19, 2020

Memiliki rumah sendiri adalah impian setiap orang apalagi bagi mereka yang sudah memiliki keluarga, akan tetapi harga tanah dan bangunan yang mahal membuat sebagian orang harus puas untuk tinggal di dalam rumah kontrakan atau sewaan. Selain demi faktor kenyamanan hidup pribadi, memiliki rumah sendiri juga memberikan keleluasaan bagi Anda untuk menentukan lokasi dan bentuk rumah. Sementara jika tinggal mengontrak, Anda harus puas dengan apa yang sudah tersedia.
 
Nah, bagaimana kalau kita sudah terlanjur menyewa rumah kontrakan di tempat yang memiliki cuaca panas seperti bagian utara dari pulau Jawa. Ada beberapa daerah yang memiliki suhu tinggi baik siang maupun malam. Oleh karenanya, Anda perlu memerhatikan beberapa hal untuk membuat ruangan tidak terasa panas atau memerangkap hawa panas lebih lama.

BUAT VENTILASI YANG CUKUP
 
Ventilasi sebagai fasilitas pergantian udara dari dalam dan luar ruangan sangat berpengaruh terhadap suhu di dalam ruangan di dalam rumah. Oleh sebab itu penempatan ventilasi yang tepat akan membantu rumah Anda terbebas dari rasa pengap atau panas yang berlebihan.
 
Ada banyak jenis ventilasi rumah yang bisa diterapkan dalam rumah kontrakan Anda. Akan tetapi, untuk merenovasi sebagian dinding rumah, Anda perlu persetujuan dari pemilik rumah atau pemilik kontrakan. Beberapa pemilik rumah biasanya memperkenankan tapi apa salahnya mencoba.
 
CERMATI LETAK BARANG-BARANG
 
Jangan biarkan ruangan tempat Anda tinggal diisi penuh oleh barang-barang rumah tangga Anda,  apalagi jika barang-barang rumah tangga Anda berukuran besar dan tidak terlalu berfungsi. Mengelola letak barang-barang di dalam ruangan rumah Anda sangat diperlukan, karena selain berfungsi untuk kenyamanan hidup hal tersebut juga bisa mempengaruhi suhu di dalam ruangan.

Ruangan dengan banyak barang cenderung terasa lebih panas dan pengap karena udara terjebak di dalam ruangan. Dengan kata lain, udara tidak memiliki ruang yang cukup untuk bergerak dan berganti lewat ventilasi. Dengan demikian, mengatur letak dan ukuran barang-barang rumah tangga Anda di dalam ruangan sangat diperlukan.

PASANG KIPAS ANGIN ATAU AC

Jika dua tips tersebut tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap suhu ruangan rumah Anda, maka memasang pendingin ruangan atau kipas angin adalah satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan untuk mendinginkan ruangan rumah Anda atau menurunkan suhu ruangan rumah Anda. Untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, memilih kipas angin yang berkualitas adalah sebuah keharusan.

Namun, memasang kipas angin atau AC sepanjang hari dan malam tentu tidak baik karena bisa memberikan pengaruh yang buruk terhadap kesehatan. Ada beberapa jenis masalah kesehatan yang bisa muncul mulai dari masuk angin hingga paru-paru basah. Dengan demikian, alat elektronik tersebut tentu tidak bisa diandalkan terus menerus.

HIJAUKAN LINGKUNGAN RUMAH

Selain melakukan pengendalian di dalam ruangan, usaha menurunkan suhu ruangan rumah Anda juga perlu dikendalikan dengan membuat area di sekitar rumah Anda dingin. Hal ini bisa dilakukan dengan menanam beberapa pohon atau tanaman di halaman rumah Anda.

Akan tetapi, jika rumah Anda tidak memiliki halaman yang luas maka menanam beberapa jenis pohon hijau di dalam pot dan diletakkan di depan jendela atau bagian rumah Anda sudah cukup. Seperti yang kita tahu, daun-daun dari tanaman menjadikan karbondioksida dan oksigen sebagai output dan input dari proses fotosintesis sementara itu keberadaan oksigen berbanding lurus dengan tingkat kesejukan sebuah lokasi.

Oleh karena itu, menanam pohon di sekitar rumah Anda sudah barang tentu mampu mengurangi suhu udara dan membuat ruangan rumah Anda terasa lebih sejuk. Ada banyak cara untuk membuat rumah Anda terasa lebih sejuk jika Anda tinggal di tempat atau daerah dengan suhu rata-rata udara yang cukup tinggi. Namun, jika Anda adalah tipe orang yang tidak tahan dengan suhu panas maka mencari lokasi rumah atau rumah kontrakan di tempat dengan suhu udara yang relatif rendah adalah prioritas.

You May Also Like

0 Comments

Recommended Books