Cara Menarik untuk Berbuka Puasa Bersama di Kuala Lumpur dan Sekitarnya


Salah satu aktivitas yang paling banyak digemari ketika bulan puasa adalah buka bersama atau bukber. Tidak terlepas dari usia atau bersama siapa, buka bersama di luar rumah selalu menjadi acara yang paling dinanti-nanti. Tidak jarang, buka bersama juga menjadi ajang reuni atau bertemu kembali dengan teman-teman yang sudah lama tidak berjumpa. Bahkan, acara ini kerap dijadwalkan secara rutin setiap bulan Ramadhan datang. Sebab tidak semua orang bisa saling berkumpul pada hari-hari kerja biasa.

Jika sedang berlibur di Malaysia, rutinitas tahunan ini akan mudah ditemukan. Sama halnya dengan Indonesia, masyarakat muslim Malaysia juga senang sekali buka puasa bersama. Hanya saja karena wabah corona, aktivitas ini perlu dihindari. Sayang sekali, ya. Akan tetapi pada Ramadhan tahun depan siapa tahu kesempatan besar ini datang.

Ada beberapa cara menarik yang bisa dilakukan ketika berbuka puasa di Malaysia, bisalah aktivitas-aktivitas ini menjadi referensi untuk Ramadhan tahun depan. Siapa tahu ada kesempatan untuk berlibur ke negeri jiran tersebut.



STREET OUTING IFTAR
Tren ‘berkelah’ ketika buka bersama ketika Ramadhan sedang banyak diminati oleh masyarakat Kuala Lumpur. Berkelah sendiri dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai pergi piknik. Jadi, masyarakat yang berkelah akan membawa beberapa jenis takjil dan makanan buka puasa dan menikmatinya di dataran-dataran atau alun-alun yang ramai pengunjung. Mereka menikmati buka puasa selayaknya ketika pergi berpiknik, dengan hamparan tirai di atas rerumputan bersama teman akrab atau keluarga.

Jika malas membawa makanan sendiri, biasanya ada beberapa pedagang makanan yang siap memberikan sajian. Area berkelah bisa jadi bersisian dengan pasar Ramadhan bisa pula tidak. Namun, lokasi-lokasi berkelah biasanya adalah tempat-tempat strategis yang dikunjungi banyak orang. Buka bersama dengan cara berkelah akan memberikan pengalaman berbuka yang tidak biasa, tentu saja dengan kesempatan untuk lebih mengakrabi sahabat atau keluarga.





VISITING RAMADHAN BAZAAR
Lokasi berbuka puasa yang paling seru adalah di pasar Ramadhan atau bazar. Kegiatan yang diberdayakan oleh masyarakat lokal ini biasa menyuguhkan berbagai jenis sajian Ramadhan yang menarik untuk berbuka puasa. Sajian-sajian tersebut tak luput dari berbagai jenis penganan khas Ramadhan masyarakat lokal. Tidak seperti produk-produk yang biasa ditemukan di kafe atau resto, harga-harga penganan di pasar Ramadhan tentu saja akan lebih miring.

Menariknya Kuala Lumpur adalah kota yang heterogen. Ada berbagai jenis ras yang tinggal di sini. Oleh karena itu, penganan yang bisa ditemukan tentu saja bukan hanya penganan-penganan khas Melayu, melainkan juga India dan Arab. Bahkan, ada beberapa jenis penganan khas Tionghoa yang bisa diicip. Berbuka puasa di pasar Ramadhan tepat sekali jika dilakukan bersama teman akrab atau keluarga besar.



RAMADHAN BUFFET
Selain asyik berbuka di pasar Ramadhan, lokasi bufet juga harus sekali-kali dikunjungi ketika Ramadhan. Biasanya, acara bufet Ramadhan ini dibuka oleh beberapa tempat wisata atau pun tempat makan. Menariknya tentu saja di bufet Ramadhan, makanan yang bisa dicicipi tak kalah banyaknya dengan pasar Ramadhan namun bisa dicicipi secara All You Can Eat.



Selain itu, ada lebih banyak cara berbuka puasa yang menarik untuk dicoba di Kuala Lumpur. Hanya saja karena wabah covid-19 sedang merajalela, ada baiknya aktivitas-aktivitas tersebut untuk sementara diihindari. Hal ini dilakukan tidak lain untuk memutus rantai penyebaran virus. Toh, berbuka puasa bersama keluarga inti di rumah juga merupakan aktivitas yang menarik.

Post a Comment

0 Comments