Master Post | Choose An Author Reading Challenge 2017



Selamat tanggal 25 Januari, Bookmarker! Sumpah, rasanya baru kemarin saya dengar suara kembang api tahun baru, nggak terasa bulan Januari sudah mau selesai. Masih banyak buku yang tadinya saya jadikan reading list bulan Januari tapi tidak sempat saya selesaikan, entah itu karena mogok di tengah jalan dan lain sebagainya. Ini kebiasaan buruk sih, terutama ketika membaca buku-buku yang tidak sesuai dengan selera. Lihat buku lain yang lebih menarik, langsung sikat!

Beberapa artikel review pun masih tersendat, saya belum menemukan konsep yang benar-benar ingin saya terapkan. Jadi hari ini, saya muncul kembali dengan Reading Challenge yang akan saya ikuti tahun ini. Ada alasan khusus kenapa saya mengikuti RC yang digagas oleh Mbak Wenny Widy ini, salah satunya adalah karena persyaratannya nggak begitu susah diikuti.



Nama tantangan bacanya sendiri adalah Choose an Author Reading Challenge 2017, dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut:


1. Choose an Author Reading Challenge berlangsung selama satu tahun. Mulai dari 07 Januari 2017 sampai 07 Januari 2018.
Kenapa 07 Januari? Karena yang punya blog suka sama angka 7 (penting).
Pendaftaran peserta dibuka dari 07 Januari 2017 sampai 30 November 2017.

2. Peserta harus mempunyai media untuk mengepos review buku. Boleh blog, Goodreads, atau Facebook. Untuk yang menggunakan blog, wajib memasang banner CARC2017 di sidebar dan menautkannya ke link postingan ini. 
Untuk yang menggunakan Goodreads, wajib menambahkanku sebagai teman (klik di sini) dan membuat shelf khusus dengan nama CARC 2017. Untuk yang menggunakan Facebook, pastikan postingmu bisa dibaca publik.

3. Master Post bersifat opsional. Namun jika kamu membuatnya, jangan lupa pasang bannernya dan tautkan ke link postingan ini.

4. Mekanisme reading challenge adalah sebagai berikut:

- Pilih satu orang penulis yang sama sekali belum pernah kamu baca bukunya, tapi kamu tertarik untuk membaca karya-karyanya.

- Penulis boleh berasal dari negara mana pun.

- Kamu boleh membaca bukunya yang berupa fiksi, non fiksi, diterbitkan oleh penerbit mana pun, ditulis sendiri atau duet bersama penulis lain. Buku yang ditulis oleh penulis tersebut bersama dua, tiga, atau seribu penulis lain tidak dihitung.

- Baca buku-bukunya, dan hitung berapa buku penulis tersebut yang berhasil kamu baca hingga akhir tahun nanti.

Tentukan levelmu:

Parasetamol: membaca 1-3 buku

Ibuprofen: 4-6

Diklofenak: 7-9

Tramadol: 10-12 

Morfin: 13 atau lebih
(kenapa levelnya pakai nama obat? karena yang punya blog kuliah farmasi.)
(kenapa batas atasnya 13? biar horor aja.)

Siapa tahu ada yang mau nanya:
Kalau di tengah jalan ternyata penulisnya bukan my cup of tea, aku boleh ganti penulis nggak?
Boleh, tapi jumlah buku yang dihitung adalah buku milik penulis yang baru ya.
Aku sih nggak level kalau cuma satu penulis. Boleh ambil dua, tiga atau lima puluh sembilan penulis?
Boleh. Tapi banyak buku yang dihitung cuma dari penulis yang bukunya paling banyak kamu baca ya.

5. Peserta harus membuat review dari semua buku yang dibaca untuk CARC ini. Bisa di blog, Goodreads, atau note Facebook. Pastikan reviewmu disetting publik ya.

6. Wrap Up Post bersifat wajib, sebagai bukti bahwa kamu nggak bohong soal jumlah buku yang kamu baca. Aku lelah dibohongi, kawan, karena dibohongi itu melukai perasaan.
Peserta diharapkan untuk mengepos wrap up tanggal 30 Desember 2017-07 Januari 2018. Host akan dengan bahagia mengingatkan para peserta kok, tenang saja.

Di dalam wrap up ini, selain buku apa saja yang sudah kamu baca untuk reading challenge ini (jangan lupa sertakan link ke review buku tersebut), aku juga berharap peserta akan menuliskan kesan-kesan apa yang ia dapatkan setelah membaca karya penulis tersebut, apa saja ciri khas sang penulis, plus dan minusnya, dan hal-hal lain yang menurut peserta bisa disampaikan. Karena tujuan utamaku membuat project  ini adalah agar reviewer mengupas tuntas seorang penulis, biar orang-orang mulai mengenal penulis-penulis tersebut, dan penulis yang dibahas bisa makin dikenal publik.

7. Setiap post yang peserta buat untuk CARC 2017 ini (baik itu master post, review, ataupun wrap up) harap dishare di twitter dengan hashtag #CARC2017 dan mention @widywenny.

8. Buku yang dibaca boleh digabung dengan RC lain.
Dan ini dia cara pendaftarannya!

Cukup tulis komentar di post ini dengan format:

Nama:

Akun twitter:

Email:

Alamat blog

(/facebook/goodreads, sesuai yang kamu gunakan untuk RC ini):

Penulis yang dipilih:

Level yang dipilih:
=============================== 
Tadinya masih mikir-mikir mau baca novel siapa untuk tantangan membaca ini, sempat terlintas nama Paulo Coelho, tapi tulisannya lumayan berat untuk dijadikan target. Akhirnya saya memilih untuk membaca karya-karyanya Indah Hanaco, karena secara genre masih bisa saya nikmati.


Post a Comment

0 Comments