#11 | Harry Potter and The Prisoner of Azkaban - JK. Rowling

Harry Potter and The Prisoner of Azkaban
(Harry Potter dan Tawanan Azkaban)
Penulis: JK. Rowling
Penerjemah: Listiana Srisanta
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 544 hal; 20 cm
Cetakan: April 2002
ISBN: 979 - 655 - 853 - x

SELAMA dua belas tahun, penjara sihir Azkaban yang mengerikan mengurung tawanan berbahaya bernama Sirius Black. Black yang ditahan karena membunuh tiga belas orang dengan dengan satu kutukan, dikabarkan sebagai putra mahkota si Pangeran Kegelapan. Voldemort. 


Sekarang Black berhasil kabur. Hanya ada dua petunjuk untuk memperkirakan ke mana kiranya tujuannya: Keberhasilan Harry Potter mengalahkan Voldemort berarti kejatuhan Black juga. Dan para pengawal Azkaban sering mendengar Black mengigau dalam tidurnya, "Dia di Hogwarts... dia di Hogwarts."

Harry Potter tidak aman, bahkan sekalipun dia berada di dalam perlindungan dinding kastil sekolah sihirnya, dan dikelilingi oleh teman-temannya. Karena... mungkin saja ada pengkhianat di antara mereka!
“I don't go looking for trouble. Trouble usually finds me.” 

Saya mulai membaca seri ketiga Harry Potter ini pada akhir bulan Januari sebenarnya, tetapi aktivitas yang lain membuat saya berhenti sejenak dan berhasil menamatkannya di pertengahan bulan ini.

Bagian awal yang saya suka dari seri ketiga ini adalah ketika Harry Potter lepas kendali dan menyihir Bibi Merge menjadi pelampung besar dengan mata babi yang melayang ke langit-langit rumah. Selepas itu, alur cerita kembali mencekam dengan beredarnya kabar bahwa salah satu tawanan Azkaban kabur. And yes, tawanan itu adalah Sirius Black, penyihir yang digadang-gadang sebagai pengikut sejati Voldemort. Kepergian Harry dari rumah pamannya di Privat Drive malam-malam terasa begitu rawan, apalagi setelah ia melihat sesosok anjing besar yang menyeramkan.

Harry boleh merasa khawatir karena tujuan utama Voldemort dan kaburnya si tawanan Azkaban adalah untuk menemukannya, tapi toh ternyata Harry merasa risih dengan setiap penjagaan yang ketat terhadapnya, termasuk ketika kementerian sihir memberikan 'pinjaman mobil' kepada keluarga Weasley untuk mengantar Harry ke stasiun kereta api.

Karakter yang saya suka kali ini adalah Prof. Lupin si guru pertahanan Ilmu Hitam yang baru, sebab dua guru yang mengajar materi ini sebelumnya merupakan orang-orang yang bermasalah. Apalagi setelah tahu bahwa Lupin adalah seorang manusia srigala. Meski awalnya sempat mengira bahwa lagi-lagi guru Pertahanan Ilmu Hitamlah yang akan dijadikan kambing hitam oleh Rowling sebagai pengikut setia Voldemort tapi ternyata bukan.

Pada tahun ini Hagrid naik kasta menjadi guru Pemeliharaan Satwa Gaib menggantikan guru sebelumnya yang pensiun. Meskipun awal perannya sebagai guru dikacaukan oleh Draco Malfoy yang licik. Tapi ternyata kekacauan yang dibuat Malfoy ada gunanya sebab menjadikan ending dari seri ini tidak begitu mengecewakan.

Peran Sirius Black menjadi kejutan (meskipun saya tidak benar-benar terkejut) karena ternyata si tawanan Azkaban ini bukan orang yang jahat. Justru yang membuat saya gregetan adalah ketika Harry tak kunjung percaya dengan kebenaran tersebut; bahwa Sirius Black bukanlah pengikut Voldemort dan tidak memiliki peran apa-apa dalam usaha membunuh orang tua Harry Potter.

Dan ada lebih banyak lagi kejutan-kejutan yang akan lebih menarik jika dibaca langsung, termasuk; hubungan antara Prof. Lupin, Sirius Black, Wormtail si pengkhianat dan ayah kandung Harry Potter. Begitu juga dengan alasan kenapa Prof. Snape sangat membenci empat sekawan plus Harry Potter. Dan bagaimana Crockshand, kucing peliharaan Hermione, seperti mengendus hal yang tidak beres dari tikus peliharaan Ron. Semuanya ternyata terhubung dalam alur yang membuat saya kenyang dengan rasa ingin tahu.

Selebihnya, saya bersyukur dengan minggatnya Sirius Black dari Azkaban sebab Harry akan merasa aman dengan kondisi seperti itu. Meskipun pada akhirnya pengikut Voldemort yang sebenarnya sudah bergabung dengan tuannya. 

Ketika artikel ini dibuat, saya sedang membaca seri Harry Potter yang keempat dan tampaknya konflik besar dari seri ini akan segera dimulai. Wohoo!


Post a Comment

0 Comments