Banjir Bandang



Sobat, rasanya saya sudah lama sekali tidak memosting tulisan untuk blog ini. Selain banyak tugas dari sekolah juga beberapa hari yang lalu blog saya agak eRror untuk menulis artikel. Dan hari ini, saya ingin berbagi pengetahuan kepada sobat tentang salah satu tugas yang saya kerjakan. Yakni pelajaran PLH tentang Banjir Bandang. Semoga bisa memberikan manfaat.

PENGERTIAN

Banjir Bandang adalah banjir yang terjadi di daerah dengan permukaan rendah. Biasanya terjadi akibat hujan yang turun terus-menerus dan muncul secara tiba-tiba. Banjir bandang terjadi saat penjenuhan air terhadap tanah di wilayah tersebut berlangsung dengan sangat cepat hingga tidak dapat diserap lagi. Air yang tergenang lalu berkumpul di daerah-daerah dengan permukaan rendah dan mengalir dengan cepat ke daerah yang lebih rendah. Akibatnya, segala macam benda yang dilewatinya dikelilingi air dengan tiba-tiba. Banjir bandang dapat mengakibatkan kerugian yang besar. Kelestarian alam harus dijaga untuk mencegah banjir bandang.

PENYEBAB
1. Tingginya curah hujan
Curah hujan yang terus menerus, selama beberapa hari, dapat mengakibatkan longsor dan kemudian menimbulkan banjir bandang.


2. Penebangan liar dan alih fungsi gunung
Hutan liar yang habis di tebang, dan gunung, yang tadinya berfungsi sebagai penyerapan air ditahan, habis digunakan untuk perumahan, misalnya. Hal itu menjadikan tidak adanya / berkurangnya hambatan terhadap laju air ke sungai.

3. Sampah
Masalah sampah adalah hal yang tidak habis-habisnya dibicarakan, namun kesadaran kita semua untuk tidak membuang sampah sembarangan, sangat sulit.

KERUGIAN
1. Banjir bandang melanda Kecamatan Tangse, Kabupaten Pide, Aceh menewaskan 13 orang dan merusak sejumlah infrasruktur. Kerugian sementara akibat musibah itu ditaksir mencapai Rp120 miliar. (Banjir Bandang di Aceh)

2. Kerugian materil akibat bencana banjir bandang yang melanda Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, diperkirakan mencapai ratusan miliar. Selain merusak bangunan pemerintah, banjir juga memorakporandakan perumahan penduduk. (Banjir Bandang Wasior)

3. Kerugian sementara banjir bandang dan banjir luapan Sungai Bengawan Solo di Kabupaten Bojonegoro, Jatim mencapai Rp3,3 miliar. Banjir tersebut menenggelamkan tanaman padi sedikitnya 887 hektare (ha) dan menggenangi 275 rumah di 12 kecamatan di kabupaten setempat.  (Banjir Bandang Bojonegoro)

4. Banjir bandang yang menerjang wilayah Ciamis pada Senin 28 Maret kemarin menimbulkan korban jiwa. Wakil Gubenur Jawa Barat Dede Yusuf mengatakan ada lima orang tewas dalam kejadian alam ini. (Banjir Bandang Ciamis)

CARA PENCEGAHAN
Penghijauan hutan dan mengembalikan fungsinya kembali sebagai sarana penyerap air "raksasa". Jika perlu, pemerintah (daerah/ pusat) harus berani dengan tegas mengkhususkan lahan yang kritis sebagai wilayah rehabilitasi dan konservasi. Dengan status demikian, tindakan apa pun yang bertolak belakang dengan upaya perbaikan lingkungan wajib ditolak, misalnya, Pemerintah harus tegas menindak pihak-pihak swasta yang “ikut“ mengalihfungsikan hutan bila perlu diberikan sanksi yang mempunyai efek jera, sedangkan untuk perkebunan rakyat, jumlah harus dibatasi seminimal mungkin, bila perlu Pemerintah mengadakan pengawasan ketat munculnya perkebunan-perkebunan baru. Demikian juga untuk periZinan mendirikan bangunan (IMB) di daerah resapan air.

------------
Dari berbagai sumber.

Post a Comment

2 Comments

  1. Terimakasih lengkap infonya gan, dibarengi nanam pohon gan, sekarang semakin menarik karena ada program penanaman pohon dimana kita bisa mendapatkan keuntungan ekonomi baik dari penanaman maupun kampanyenya.
    Cari Tahu caranya di : http://www.greenwarriorindonesia.com

    ReplyDelete

  2. Before we discuss the Tornado winds we should know first word Tornado, Tornado word derived from the word Tronada that of Spanish language and also
    togel singapore

    ReplyDelete