Tentang Hari Ibu


Hari Ibu atau Mother's Day adalah hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya. Hari Ibu di Indonesia diperingati setiap tanggal 22 Desember setiap tahunnya, berbeda dengan peringatan  hari Ibu yang dilaksanakan oleh negara-negara lain terutama negara-negara besar seperti Amerka Serikat, negara
-negara di Eropa dan Asia Timur. Ini terjadi karena memang terdapat sebuah perbedaan dalam sejarah yang melatarbelakangi diadakannya Hari Ibu setiap tahunnya.
from http://kyuqaiyyim.blogspot.com/
Di Indonesia sendiri, Hari Ibu dilatarbelakangi oleh bertemunya para pejuang perempuan Indonesia dalam Kongres Perempuan Indonesia I yang dilaksanakan pada tanggal 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta tepatnya di gedung Dalem Jayadipuran yang kini beralh pungsi sebagai kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional yang berada di JL. Brigjen Katamso. Kongres tersebut dihadiri oleh sekitar 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera. Hasil dari pertemuan tersebut salah satunya adalah membentuk Kongres Perempuan yang kin dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia atau Kowani.
Penetapan tanggal 22 Desember sebagai perayaan hari ibu diputuskan dalam kongres perempuan ndonesia III pada tahun 1938. Baru pada tahun 1959 Presden Soekarno menetapkan tanggal 22 Desember sebagai hari ibu nasional melalui Dekrt Presiden No. 316 setelah enam tahun sebelumnya hari ibu pada tanggal yang sama dirayakan secara meriah oleh tak kurang dari 58 kota di Indonesia mulai dari Meulaboh sampai Ternate.
Sedangkan di beberapa negara di daerag Eropa dan Timur Tengah sendiri, perayann hari ibu merupakan perayaan yang mendapat pengaruh dai kebiasaan memuja Dewa Rhea dalam sejarah Yunani Kuno yang merupakan Ibu dari semua Dewa. Perayaannya sendiri jatuh pada Ahad keempat setiap Lent (Jangka waktu selama 40 hari dalam bulan Februari atau Maret). Negara-negara yang merayakan hari ibu pada tanggal tersebut adalah Irlandia, Nigeria dan Brtania Raya sedang negara Yunani sendiri merayakannya pada tanggal 2 Februari dan Amerika Serikat dan Malaysia pada hari pekan kedua bulan Mei.
Tetapi apapun yang yang melatarbelakangi dilaksanakannya Hari Ibu dan kapan itu dilaksanakannya, Ibu merupakan seseorang berjasa besar yang tanpa hari yang istimewa pun perlu kita sayangi. Itu lebih dari sekedar peringatan.

Post a Comment

0 Comments