Indonesia di Piala AFF


Pertandingan piala AFF sudah dari dua hari yang lalu berakhir. Namun, euphoria dan atmospherenya masih cukup terasa hingga sekarang. Ini terbukti dari masih hangatnya pembicaraan seputar pelaksanaan kejuaraan tingkat ASEAN tersebut. Dan di bawah ini, ada lima hal tentang Indonesia selama ikut berjuang dalam piala AFF;

  1. Awal yang gemilang
Indonesia mengawali pertandingan piala AFF dengan sangat gemilang. Para pemain timnas berhasil menjadi juara grup A setelah mengalahkan beberapa tim tangguh yang sempat menjadi pemegang piala dengan jumlah gol yang sempurna.

  1. Supporter nomor satu
Tak berlebihan rasanya apabila kita mengatakan bahwa supporter timnas kita merupakan supporter nomor satu. Ini terbukti dari kefanatikan mereka dalam mendukung timnas dan sikap mereka yang supportif dan hal inipun diakui oleh tim dari Negeri Jiran yang sempat kalah telak dari tim Garuda.

  1. Kisruh soal tiket

Satu hal yang menjadi cacat dalam pelaksanaan piala AFF di Indonesia khususnya menjelang final kedua yang mempertemukan Indonesia dengan Malaysia adalah soal tiket. Selain kegagalan dalam system penyebaran tiket alias masalah transaksi penjualan-pembelian tiket, ketidakwajaran terjadi pada kenaikan harga tiket yang selangit.

  1. Kegagalan yang ironis
Kegagalan Indonesia bisa dikatakan ironis karena setelah empat kali masuk final piala AFF, gelar juarta belum juga bisa disandangnya. Kekalahan Indonesia pada pagelaran final piala AFF di Malaysia diisukan  terjadi karena sikap tidak sportifnya para supporter timnas Malaysia yang dengan sengaja membuyarkan konsentrasi para pemain Indonesia dengan menembakkan sinar laser hijau. Dan diakui Markus –penjaga gawang utama Indonesia- adanya sabotase pada lapangan sekitar gawang yang digunakan sebagai tempat latihan para penjaga gawang Indonesia ketika berada di Malaysia.

  1. Garuda tetap sang juara
Meski secara procedural Indonesia hanya mampu menjadi runner up piala AFF tetapi bagi bangsa Indonesia, mereka tetap sang juara. Mereka menjadi juara jauh sebelum final piala AFF dimulai melainkan ketika mereka sanggup mengorbankan diri mereka demi harkat dan martabat Garuda. Selain itu, timnas IndonesiaIndonesia dan menyatukan mereka dalam satu kepak sayap Garuda yang tidak mengenal perbedaan. juga secara tidak langsung telah menumbuhkan rasa nasionalisme pada diri setiap warga

Post a Comment

2 Comments

  1. weh...weh....
    meskipun Qta klah Agregat, tapi tetap prjuangan para pemaian TIMNAS patut di acungi jempol...
    he..he
    hidup Indonesia Tercinta, suatu saat Qta psti bsa menang...!!

    skalian Follow ya...

    ReplyDelete
  2. betul!
    Garuda tetap di dadaku...
    Haha,
    thx dah follow.

    ReplyDelete