Sejarah HTML

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa) dan dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic. Selama awal tahun 1990 HTML mengalami perkembangan yang sangat pesat. Setiap pengembangan HTML pasti akan menambahkan kemampuan dan fasilitas yang lebih baik dari versi sebelumnya. Namun perkembangan resmi dikeluarkan pada bulan November 1995 oleh IETF (Internet Engineering Task Force). HTML 2.0 ini merupakan penyempurnaan dari HTML+ (1993).
Sebelum suatu HTML disahkan sebagai suatu dokumen HTML standar, ia harus disetujui dulu oleh W3C untuk dievaluasi secara ketat. Setiap terjadi perkembangan suatu versi HTML, maka mau tak mau browser pun harus memperbaiki diri agar bisa mendukung kode-kode HTML yang baru tersebut. Sebab jika tidak, browser tak akan bisa menampilkan HTML tersebut. Beberapa jenis HTML yang terus berkembang diantaranya:
  1. HTML vesi 1.0, HTML ini mempunyai kemampuan antara lain membuat heading, paraghraf, hypertext dll.

  2. HTML versi 2.0 merupakan pionir dari adanya homepage interaktif, HTML jenis ini dapat menampilkan form pada dokumen sehingga kita dapat memasukkan nama hingga pesan.

  3. HTML versi 3.0 menambahkan beberapa fasilitas baru sseperti table namun versi ini tidak bertahan lama karena segera digantikan oleh HTML versi 3.2.

  4. HTMl versi 4.0 HTML ini memuat banyak sekali perubahan dan revisi dari pendahulunya. Perubahan ini terjadi di hampir segala perintah-perintah HTML seperti table, image, link, text, meta, imagemaps, form, dan lain- lain.

  5. HTML 4.01, merupakan subversi dari HTML 4.

  6. ISO/IEC 15445:2000HTML 5,  

  7. HTML versi  5. Hingga saat ini HTML5 masih dalam tahap pengembangan. Adapun kelebihan dari HTML versi ini yakni Elemen Audio dan Video, Elemen Canvas,  Local Storage, dan Web Workers.

Sumber :

Post a Comment

0 Comments